Lomba Fotografi Explore Pulau Pasaran II

Posted by Pulau Pasaran on Thursday, July 16, 2015
Pulau Pasaran dalah pulau kecil yang dihuni penduduk sekitar 140 kepala keluarga dengan luas kurang lebih 8 hektar.Letaknya ada di kecamatan Teluk Betung Barat, Bandar Lampung. Pulau ini dihubungkan oleh sebuah jembatan ke daratan dengan panjang kurang lebih 100 meter, tetapi jembatan ini hanya bisa dilewati oleh kendaran beroda dua saja.
Pulau Pasaran merupakan tempat sentral pengolahan ikan teri dan ikan asin di provinsi Lampung, sehingga di berbagai penjuru pulau ini diisi oleh area tempat pengolahan dan pengeringan ikan teri dan ikan asin. Pada saat berkunjung ke pulau ini, kita akan disuguhkan aktivitas warga dalam mengelola ikan teri dan ikan asin, serta kegiatan nelayan asli pulau ini.
Produk teri kering yang menjadi prioritas pengolah terdiri dari teri nasi, teri nilon, dan teri jengki. Produk teri nasi di pulau ini mempunyai potensi ekspor yang cukup besar, karena dalam satu siklus produksi (sehari semalam) dapat menghasilkan sekitar 10-30 ton teri. Di samping itu ketersediaan bahan baku ikan teri di kawasan ini selalu terjaga karena dukungan wilayah pencarian ikan di Teluk Lampung, yang tidak terlalu dipengaruhi oleh perubahan angin musim.
Pulau Pasaran adalah salah satu destinasi wisata di kota Bandar Lampung. Namun masih banyak orang yang belum tahu tentang keberadaan serta keindahan Pulau ini. Oleh karena itu, melalui kegiatan pengabdian masyarakat, kami (Tim Hi-Link Unila) mengajak seluruh lapisan masyarakat Lampung untuk berpartisipasi mengikuti lomba fotografi dan karya tulis ilmiah.
Tujuan Kegiatan
  1. Mensosialisasikan potensi dan keindahan Pulau Pasaran
  2. Memberikan pengetahuan akan potensi Pulau Pasaran 
  3. Memperkenalkan hasil pengolahan teri siger lampung
Ketentuan Lomba
1Peserta melakukan pendaftaran sebesar Rp.25.000  pada tanggal 28 Agustus – 11 September 2015. Pendaftarandapatdilakukan di :
  • Di Radio Lampung (Jl.Ks. Tubun No.12 Rawalaut Bandar Lampung.
  • Melalui Contact Persons yang tertera pada brosur
  • Peserta juga dapat mendaftar on the spot di pulau pasaran pada saat acara berlangsung.
2. Lomba diadakan di PULAU PASARAN pada tanggal 12 September 2015, dimulai jam 05.00 pagi hingga jam 18.00 WIB setiap nomor peserta mengumpulkan 2 foto, dengan klasifikasi: 1  tentang alam di pulau pasaran dan 1 tentang human activity. Peserta menyerahkan 1 paper sesuai dengan tema yang ditentukan untuk yang mengikuti lomba karya tulis ilmiah.
3. Pengumuman Lomba diadakan pada tanggal 22 September 2015. 
4. Hadiah Lomba Fotografi

  • Juara 1:      Uang Tunai Rp. 1.500.000,- + Piagam Penghargaan
  • Juara 2:      Uang Tunai Rp. 1.000.000,- + Piagam Penghargaan
  • Juara 3:      Uang Tunai Rp.    500.000,- + Piagam Penghargaan