Bakti Kesehatan

Posted by Pulau Pasaran on Wednesday, January 07, 2015
Test kesehatan dan pengobatan gratis tepatnya di Aula Koperasi Mina Bahari. Test kesehatan dan pengobatan ini diadakan oleh Tim Unila yang bekerjasama dengan Poskeskel Pulau Pasaran. Tujuan dilakukannya test kesehatan dan pengobatan gratis ini dimaksudkan untuk membantu masyarakat Pulau Pasaran untuk lebih memperhatikan kesehatan diri masing-masing sehingga masyarakat mengetahui penyakit yang diderita. Selain itu wilayah Pulau Pasaran yang terletak di tengah laut dengan kondisi lingkungan dan cuaca yang berfluktuasi akan cendrung lebih membuat kondisi masyarakat mudah terserang penyakit. Selain itu jika dilihat dari kebersihan lingkungan pulau yang masih kurang akan sanitasi lingkungan, baik di rumah masing-masing atau sekitar pulau.

Dengan keadaan yang demikian dapat menyebabkan masyarakat mudah terserang penyakit yang beragam, seperti diare, DBD, flu, tipus. Selain itu, dengan adanya pegobatan gratis ini, diharapkan masyarakat lebih sadar akan kebersihan lingkngan yang akan berdampak kepada kesehatan masyarakat tersebut terutama anak-anak dan balita yang masih rentan terserang penyakit.


Dalam pegobatan gratis yang dilakukan pada hari tersebut, antusias masyarakat Pulau Pasaran  cukup baik. Hal tersebut dapat terlihat dari cukup banyaknya warga yang datang untuk ikut test kesehatan disela-sela kegiatan mereka yang cukup padat. Warga yang hadir yaitu 56 orang dari anak-anak hingga dewasa. Dengan demikian artinya masyarakat masih sangat peduli akan kesehatannya masing-masing.