Secercah Cahaya Yang Menjanjikan

Posted by Pulau Pasaran on Wednesday, November 12, 2014
Pulau Pasaran merupakan suatu dataran rendah dengan luas 12,5 Ha, yang sebagian besar penghasilan utamanya adalah menangkap dan mengolah ikan teri. Selain tempat mengolah, pulau tersebut juga digunakan sebagai tempat tinggal oleh para nelayan serta pengolah, Oleh karena itu, kebutuhan yang diperlukan di pulau ini, sama seperti kebutuhan pada pulau-pulau besar lainnya di Indonesia.
Salah satu kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan di pulau pasaran adalah listrik. Listrik ini dapat digunakan di berbagai tempat, seperti di rumah penduduk, koperasi, jalan, lapangan dan berbagai sarana penduduk lainnya. Namun jika diperhatikan, kebutuhan listrik yang masih sangat kurang di pulau ini adalah pada penerangan jalan dan lapangannya. Hal ini disebabkan karena masih minimnya pengaturan listrik dari PLN, sehingga ada daerah yang belum tersentuh listrik resmi dari PLN, atau bahkan tidak ada penerangan sama sekali.
Sel surya merupakan sebuah alat yang mampu menyerap cahaya matahari untuk diproses menjadi energi listrik. Sel surya inilah yang dapat mengatasi masalah listrik sekaligus penerangan di Pulau Pasaran, yang tidak membutuhkan sumber dari PLN, serta dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan oleh pulau untuk listrik yang digunakan.


Berdasarkan survei dan pengamatan yang telah dilakukan, daerah yang cukup membutuhkan penerangan yaitu di jalan masuk di dekat koperasi dan di lapangan. Sehingga pada tempat tersebut dipasangkan sel surya sebagai sumber energi listrik, dan 2 buah lampu yang menghadap ke jalan dan ke lapangan. Dipasangnya sel surya bertujuan untuk mengurangi beban daya PLN, mengurangi biaya listrik yang harus dikeluarkan setiap bulan oleh pulau sebagai konsekuensi penambahan beban, dan untuk memanfaatkan cahaya matahari yang dapat diperoleh secara cuma-cuma.