Sampah Masalah Utama Pulau Pasaran

Posted by Pulau Pasaran on Thursday, November 13, 2014
Sebagai pulau yang berada pada daerah pesisir perkotaan memiliki permasalahan yang utama berupa sampah. Sampah ini berasal baik aktivitas masyarakat dipulau dan yang berasal dari luar pulau. Kondisi geografis Pulau Pasaran yang berada dekat dengan muara sungai menjadi tujuan dari sampah yang mengalir bersama dengan aliran sungai. Kondisi ini diperparah dengan pengaruh musim, saat musim penghujan ketika debit sungai meningkat maka jumlah sampah yang terbawa akan semakin banyak. 

Permasalahan sampah yang ada lebih berasal dari pola perilaku masyarakat yang masih belum memiliki kesadaran akan kebersihan. Sebagian besar warga masih sering membuang sampah di sembarang tempat, seperti di halaman, jalan, bahkan di parit. Selain itu, kehidupan masyarakat Pulau Pasaran yang tidak dapat terpisahkan dari perngolahan hasil laut terutama ikan teri nasi yang telah menjadi sumber penghidupan utama warga setempat, menambah jumlah sampah harian berupa limbah organik yang juga menimbulkan polusi udara. Hal ini telah berlangsung selama puluhan tahun dan merupakan masalah yang tak kunjung selesai. Ini merupakan pekerjaan rumah yang cukup besar bagi masyarakat dan pemerintah setempat.

Pengurangan jumlah sampah hampir setiap hari dilakukan warga. Di antaranya adalah dengan membakar timbunan sampah, atau mengumpulkan sampah yang ada untuk kemudian dikirim ketempat pembuangan sampah akhir (TPA) yang ada di luar pulau.Usaha tersebut terbukti mampu mengurangi jumlah sampah yang ada. Namun, masalah yang sama akan terus terulang saat air laut kembali pasang.