Mari Mengenal Pulau Pasaran

Posted by Pulau Pasaran on Tuesday, August 26, 2014
Ketika berbicara tentang Bandar Lampung maka banyak orang yang berfikir bahwa disana terdapat banyak mall, pasar bambu kuning, pasar bawah dan berbagai aktivitas yang terpusat di daerah Tanjung Karang. Karnanya jangan heran jikalau banyak orang-orang yang berasal dari kampung akan menganggap bahwa bandar lampung itu hanyalah di daerah Tanjung Karang saja. Namun perlu kita ketahui bersama, ternyata di Bandar Lampung tidak hanya terdiri dari luasan daratan saja tapi terdapat pula pulau yang masuk wilayah Bandar Lampung. Pulau itu bernama Pulau Pasaran, tempat ini merupakan sentra usaha pengeringan hasil laut khusunya teri yang terbesar se-Sumatra. Ketika masa pengeringan ikan teri tiba maka ratusan kilogram teri asin dapat diproduksi dari tempat ini. Selai sebagai sentra usaha, Pulau Pasaran juga dikembangkan oleh pemerintah Kota Bandar Lampung sebagai suatu destinasi "Wisata Bahari" dan juga sebagai "Wisata Minat Khusus".
Aktivitas di Pulau Pasaran
Pulau ini terletak di RT 09, yang dikepalai oleh Pak Subur, Kelurahan Kota Karang, Kecamatan Teluk Betung Timur, Bandarlampung. Pada tahun 2009, pulau ini memiliki luas wilayah sebesar 12 hektar. Kemudian diadakan penambahan lahan secara berala, sehingga sekarang mencapai 12,5 hektar. Saat ini terdapat 1167 penduduk yang menempati pulau ini. Terdapat 11 kelompok masyarakat, dengan beberapa pimpinan kelompok yaitu Pak Rosyidin, Pak Toto, dan Bu Sukanti.

Salah satu wilayah penghasil ikan teri kering di Provinsi Lampung adalah di Pulau Pasaran Kota Bandar Lampung, produk teri kering yang menjadi prioritas pengolah terdiri dari teri nasi, teri nilon, dan teri jengki. Produk teri nasi di pulau ini mempunyai potensi ekspor yang cukup besar, karena dalam satu siklus produksi (sehari semalam) dapat menghasilkan sekitar 10-30 ton teri. Di samping itu ketersediaan bahan baku ikan teri di kawasan ini selalu terjaga karena dukungan wilayah pencarian ikan di Teluk Lampung, yang tidak terlalu dipengaruhi oleh perubahan angin musim.
Ikan Teri yang Diproduksi di Pulau Pasaran